Halaman Depan

Minggu, 13 Juni 2010

Pengalaman membuat blog dan mengoperasikannya

Blog bagi saya adalah pacar kedua saya, hampir setiap waktu saya terus ditemani blog, ya memang begitu karena saya adalah blogger, jadi blog bagi saya adalah salah satu komponen hidup saya selama saya masih menjadi blogger, mungkin bagi anda yang sudah berpengalaman atau sudah terbiasa membuat suatu blog ini bukanlah tips namun hanya mengulas, tapi bagi para pemula (saya juga sebenarnya masih seorang pemula) membuat blog merupakan hal yang membingungkan, bukan karena bagaimana cara membuat suatu blog, namun lebih ke apa yang dilakukan mulai dari membuat blog hingga mengembangkan blog itu sendiri, nah maka dari itu, di post ini saya sama sekali tidak akan mengajarkan anda bagaimana cara membuat blog gratisan seperti blogger ataupun wordpress, disini saya akan share pengalaman saya tentang bagaimana membuat blog dari 0 hingga bisa berkembang dan memiliki pengunjung yang loyal, dan satu yang perlu di camkan, bahwa membuat suatu blog hingga bisa berkembang bukanlah suatu hal yang cepat dan mudah, karena membutuhkan waktu yang sangat lama dan juga ketelitian dalam hal membuat suatu artikel informasi yang akan di baca oleh para pengunjung blog anda.


Basa basinya udah sekarang kita langsung ajah ke pokok pembahasan tenatng bagaimana membuat blog dari 0 hingga menjadi berkembang tips ala antonfkip, dan selanjutnya terserah anda……

Yang pertama adalah Siapkan Niche/Topik

Blog dengan topik yang spesifik mungkin akan sedikit pengunjungnya, ya jika dibandingkan dengan blog yang bernuansa berita dan blog yang hanya membahas salah satu topik tertentu saha, perbedaan pengunjung akan sangat terlihat mencolok, saya tidak usah menjelaskannya panjang lebar karena saya yakin anda pun sudah tau akan hal itu.

Yang kedua siapkan Theme dan mesin blog

Setelah kita yakin dengan topik yang telah kita pilih, maka carilah theme yang sesuai dengan topik tersebut, dan siapkan mesin blognya, kalu mau ke blogspot ya cari info tentang blogspo, kalu mau ke wordpress ya cari info tentang wordpress, pengalaman saya mencari theme yang sesuai dengan topik itu sangat susah karena terlalu banyaknya theme yang bagus di jagat blogsphere ini.

Setelah kedua point diatas tadi sudah siap maka sekarang berlaih mempersiapkan nama domain/subdomain

nama domain/subdomain ini adalah salah satu kunci dari keberhasilan suatu blog merajai mesin pencari, kenapa, menurut pengalaman yang saya dapatkan, bahwa nama domain/subdomain panti akan lebih powefull, contohnya jika anda membuat blog yang bertopik news dengan tidak menghilangkan unsur blognya maka anda sebaiknya mencari nama domain/subdomain seperti dengan target topik anda, contoh….saya ingin membuat blog yang bertopik news namun masih tetap ingin bermain monetize blog seperti affiliate dan sebagainya, maka anda bisa memilih nama Pro blogging News untuk title blog anda, kenapa karena dsitu terdapat 3 suku kata yang sangat penting, PRO = profesional, ini akan menjadikan nilai lebih, karena sesuatu yang profesional biasanya bagus, Blogging niche untuk bermain monetize blog atau terserah yang penting masih berhubungan dengan blog, contohnya kita ingin bermain affiliate theme, kita sudah punya pondasi kuat dengan niche blog tersebut, karena theme tidak lepas dari sebuah blog benul? lalu news kata kunci untuk menggaet pengunjung dari sebuah artikel general yang bertopik berita, jika anda ingin mencari berita sudah pasti anda akan mencari blog yang berhubungan dengan news bukan? lalu bagaimana cara pemilihan nama domain/subdomain yang tepat? tips saya ce gabungin ajah title tadi menjadi sebuah nama domain/subdomain contoh www.probloggingnews.com

selanjutnya, tinggal kita optimasi bog tersebut dengan kontent original sampai blog tersebut lancar terindex oleh google, sesekali kasih ping dari blog lain dan kasih backlink, tapi jangan kebanyakan karena sandbox akan mengancam, begitulah tips sederhana dari seorang pemula bernama antonfkip tentang tips membuat blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar